BERITA
Gowes To Charets
Responsive image

GTC 2019

Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, dalam rangka melestarikan lingkungan dan belajar hidup sehat, OSIS-MPK SMAN 2 Bandung mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengajak para pelajar di SMAN 2 Bandung untuk berpartisipasi dalam menggunakan sepeda dari rumah ke sekolah.
Di tahun 2019 ini, kegiatan Gowes to Charets Dilaksanakan pada tanggal 25 Februari – 1 Maret 2019, dengan Mengambil tema “Charets Eco” dengan tagline “Cycling, Caring, Curing”. Apa arti dari tema tersebut ?, “Artinya berarti economical yaitu kita harus senantiasa ekonomis dalam setiap hal di era ini, khususnya bagi para pelajar”, tutur Fazaraina sebagai ketua pelaksana Gowes to Charets tahun ini.
Acara Gowes To Charets adalah acara yang mengajak siswa-siswi SMAN 2 Bandung untuk mengendarai sepeda ke SMAN 2 Bandung selama seminggu penuh. Sebelum pukul 5 pagi, panitia Gowes to Charets datang untuk menyiapkan acara ini, seperti menyiapkan konsumsi untuk para peserta, menyiapkan cap dan kartu peserta, dan lainnya. Pada pukul 5 pagi, para panitia telah bersiap-siap di dekat parkiran sepeda untuk menyambut dan mencatat indikator-indikator penilaian lomba pada setiap peserta. Mereka akan diberi poin sesuai indikator- indikator penilaian tertentu, yaitu kehadiran, waktu kedatangan, safety tools, dan jarak dari rumah ke sekolah. Lalu, poin-poin tersebut akan dihitung sehingga didapatkan pemenang dari kegiatan Gowes to Charets.
Selain mengadakan kegiatan bersepeda, Gowes to Charets di tahun 2019 ini bekerjasama dengan Sektor 22 Citarum Harum untuk melakukan penanaman pohon di daerah Punclut, Cidadap. Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi siswa-siswi SMAN 2 Bandung untuk ikut menyelamatkan lingkungan.
Setelah dihitung poinnya ada 3 pemenang dari acara Gowes To Charets ini, yaitu juara pertama Trixi Melawati dari XII IPS 2, juara kedua Muhammad Zhorif dari X IPA 1, dan juara ketiga Tiara Nur dari X IPA 9. Pengumuman para pemenang dari kegiatan Gowes to Charets dilakukan di daerah Punclut, Cidadap bersamaan dengan kegiatan penanaman pohon. Ketiga pemenang tersebut mendapat sertifikat penghargaan dari Citarum Harum dan sertifikat penghargaan beserta hadiah dari sekolah. Dengan diakhirinya kegiatan Gowes to Charets di daerah Punclut ada sedikit pesan dan kesan dari para pemenang, “Kesannya itu saya menjadi tau bagaimana rasanya kalau ke sekolah dengan sepeda dan itu menyenangkan. Pesannya kalau bisa untuk konsumsinya ada buahnya”, ucap Muhammad Zhorif, juara kedua Gowes to Charets.



Artikel Lainnya . . .