BERITA
Gomu Gomu No Matsuri IX Uchuu No Himitsu
Responsive image

Event Jepang di SMAN 2 Bandung

Kesuksesan penyelenggaraan acara Gomu-Gomu no Matsuri di tahun-tahun sebelumnya mendorong ekstrakulikuler N2HK untuk kembali menyelenggarakan festival Budaya Jepang di SMAN 2 Bandung. Dengan tema bertajuk “Rahasia Luar Angkasa” atau dalam Bahasa Jepangnya disebut dengan “Uchuu no Himitsu”.

Di tahun ini, acara Gomu-Gomu no Matsuri berhasil diselenggarakan pada tanggal 19-20 Januari 2019. Acara ini bukan hanya dibuat untuk memperkenalkan Budaya Jepang kepada masyarakat, tapi sekaligus memperkenalkan lingkungan SMAN 2 Bandung yang dikenal dengan kreatifitasnya dalam membuat acara kepada masyarakat.

Acara Gomu-Gomu no Matsuri tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan stand yang diselenggarakan diantaranya Bingomu, photobooth, dan berbagai perlombaan. Perlombaan-perlombaan dalam acara ini pun dibagi ke dalam dua kategori, yaitu lomba formal dan informal. Kategori formal berisi perlombaan yang bersifat akademik atau mendekati akademik. Perlombaannya terdiri dari cerdas cermat, menulis kaligrafi jepang (shuuji), story telling Bahasa Jepang (rodoku), tes tertulis mengenai Jepang dan budayanya (kana), papercraft, hingga character design. Sedangkan perlombaan informal berisi perlombaan yang bersifat non-akademik, mencakup cover sing, cover dance, cosplay group (berkelompok) dan cosplay single, yang bertemakan Jepang.

Bingomu merupakan permainan undian di salah satu stand Gomu-Gomu no Matsuri IX. Untuk mengikutinya kita cukup mengambil undian yang kemudian akan diundi untuk mendapatkan hadiah yang sangat menarik seperti komik, kartu permainan, gantungan kunci, bahkan lightstick, semuanya secara gratis, sehingga para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Dalam acara ini juga kita bisa berfoto di photobooth menggunakan kamera polaroid yang disediakan panitia. Kita bisa langsung membeli hasil foto yang diambil dengan harga yang terjangkau pula.

Selain dimeriahkan dengan berbagai kegiatan perlombaan, puncak acara Gomu-Gomu no Matsuri semakin meriah dengan menghadirkan berbagai performance dari Guest Star yang sudah seringkali tampil di Event Budaya Jepang, seperti VoiR, Naira, Marienorns, Lusca, Thousand Sunny, Tokyo Night, dan Heno-Heno Moheji, serta penampilan dari para pemenang lomba, di antaranya Harvest, Tentative, dan Ticking Time Bomb. Dengan hadirnya para Guest Star, dan para pemenang lomba, tentunya acara ini semakin seru dan ramai.

Dengan berbagai keseruan yang terjadi di acara Gomu-Gomu no Matsuri IX, para panitia memiliki harapan untuk acara Gomu-Gomu no Matsuri selanjutnya, “Semoga lebih rame, lebih banyak pengunjung dan lebih banyak manfaat yang didapat, serta makin lebih bisa menarik pengunjung.” Menurut Fadilla Syafitri sebagai Ketua Pelaksana acara Gomu-Gomu no Matsuri IX.

Sebagai informasi, N2HK adalah Ekskul Bahasa Jepang yang mempunyai kegiatan belajar Bahasa dan Budaya Jepang. Salah satu kegiatan besar dari ekskul ini adalah membuat festival Budaya Jepang, yaitu Gomu-Gomu no Matsuri.


Artikel Lainnya . . .