BERITA
Bulan Bahasa 2018
Responsive image

Bulan Bahasa 2018

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca, menulis, dan berbicara sehingga hal-hal tersebut sangat penting untuk mewujudkan budaya literasi. Dalam rangka menanamkan budaya pentingnya literasi di SMA Negeri 2 Bandung, maka pada tanggal 22 - 25 Oktober 2018 kemarin diadakanlah kegiatan Bulan Bahasa di SMA Negeri 2 Bandung.

Tujuan dari acara Bulan Bahasa adalah meningkatkan minat siswa akan bahasa terutama dalam literasi, manfaatnya untuk pengaplikasian bahasa dalam kehidupan sehari-hari seperti melatih diri untuk meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan cara membaca berbagai infomasi yang bermanfaat, meningkatkan kepahaman seseorang dalam mengambil intisari dari bacaan, dan melatih dalam hal menulis dan merangkai kata-kata yang bermakna.

Dalam acara ini siswa dan siswi SMA Negeri 2 Bandung dituntut untuk berkarya, yaitu dengan mengikuti lomba-lomba yang tersedia. Lomba-lomba tersebut adalah lomba pidato Bahasa Inggris, lomba membuat pantun, lomba membaca puisi karangan sendiri, lomba duta literasi, lomba mendongeng Bahasa Sunda, dan lomba pohon literasi.

Kira-kira menurut pendapat anda, apa manfaat dari perayaan Bulan Bahasa ini ? “Membuat siswa-siswi lebih aware terhadap bidang kesastraan baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.” Ucap Namira, juara pertama Lomba pidato Bahasa Inggris. Lalu, apakah pelaksanaan perayaan Bulan Bahasa ini, melatih kemampuan berbahasa peserta ? “Jelas, karena lomba-lombanya membuat peserta berpikir kembali tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar.” Ucap Nisrina Nurshafa, salah satu pemenang lomba duta literasi.

Setelah diadakannya lomba, maka pada tanggal 13 Desember 2018 diadakan penutupan Bulan Bahasa yang diadakan berbarengan dengan Bazaar PKWU yang tentunya meningkatkan kemeriahan acara penutupan Bulan Bahasa. Ada banyak penampilan yang disajikan dalam penutupan Bulan Bahasa ini, seperti penampilan pertunjukan musik dari Rumah Seni 2, Talkshow dari penulis terkenal, dan penampilan dari para pemenang lomba Bulan Bahasa. Dengan disajikannya banyak penampilan maka acara Bulan Bahasa ini resmi ditutup, “Aku sangat berterimakasih kepada panitia karena selalu berhasil mengemas acara sedemikian menarik dan lebih hebat lagi untuk diikuti. Terimakasih juga karena adanya loba ini selama 3 tahun, banyak anak yang bisa membagi hasil karya yang dibuatnya. Semoga acara Bulan Bahasa tahun depan bisa lebih rame lagi dan lebih membangun lagi. Terimakasih ya !”, Tutur Nur Rohaeni, siswi kelas XII IPS 2 yang berhasil meraih juara pertama lomba puisi. Lalu, apa harapan dan pesan anda untuk perayaan bulan Bahasa kedepannya ? “Saya berharap perayaan Bulan Bahasa berikutnya lebih meriah dan lebih dirasakan banyak orang, juga lebih banyak lagi siswa-siswi yang mengikuti lomba-lomba Bulan Bahasa ini. Dan yang pasti, semoga jiwa berkarya dan berbahasa yang didapat dari perayaan Bulan Bahasa ini dapat tertanam dalam diri siswa-siswi kedepannya.” Ucap Anshari sebagai wakil koordinator Bulan Bahasa.

Jadi begitulah kira-kira keseruan yang dilakukan di kegiatan Bulan Bahasa kemarin, sampai bertemu di Bulan Bahasa yang akan datang !


Artikel Lainnya . . .