BERITA
Bulan Bahasa 2017
Responsive image

Literasi itu Penting

Literasi adalah hal yang penting, membaca, menulis, dan berbicara adalah salah satu hal untuk mewujudkan budaya literasi. Dalam rangka menanamkan budaya pentingnya literasi di SMA Negeri 2 Bandung, maka pada tanggal 9 - 19 Oktober 2017 kemarin diadakanlah kegiatan Bulan Bahasa di SMA Negeri 2 Bandung.

“Tujuan dari acara Bulan Bahasa adalah meningkatkan minat siswa akan bahasa terutama dalam literasi, manfaatnya untuk pengaplikasian bahasa dalam kehidupan sehari-hari contohnya dalam berpidato.” Berikut merupakan pernyataan dari Ibu Lilis Yuliawati, selaku ketua pelaksana kegiatan Bulan Bahasa mengenai tujuan diadakannya Bulan Bahasa.

Kegiatan Bulan Bahasa dibuka dengan workshop yang membahas mengenai cerita pendek dan membimbing para peserta workshop untuk mulai berkarya dan mulai menanamkan budaya literasi, “Iya, menurut aku literasi itu penting, karena kita butuh pengetahuan yang lebih. Itu semua dimulai dari membaca.” Ucap Hasna, siswi kelas X IPS 1 yang mengikuti workshop Bulan Bahasa.

Tidak hanya pemberian materi oleh pembicara, namun dalam acara ini siswa dan siswi SMA Negeri 2 Bandung juga dituntut untuk berkarya, yaitu dengan mengikuti lomba-lomba yang tersedia. Lomba-lomba tersebut adalah lomba pidato bahasa Inggris, lomba membaca puisi karya sendiri, lomba membuat pantun, lomba pidato bahasa Indonesia, lomba mendongeng bahasa sunda, lomba duta bahasa, dan lomba membuat pohon literasi.

Kira-kira bagaimana rasanya menjadi pemenang dalam Bulan Bahasa ini, ya? “Tentu saja senang, karena membuat puisi itu susah (sulit), terutama membuat puisi sendiri dengan tema yang telah ditentukan, dan saya pun bangga karena telah menang dengan hasil karya sendiri.” Ucap Nur Rohaeni, juara pertama lomba membaca puisi karya sendiri. Lalu apakah Bulan Bahasa ini bermanfaat? “Kalau setelah Bulan Bahasa tersebut kan udah terbangun, nih dari Bulan Bahasa rasa ingin membaca, rasa ingin mengetahui banyak hal, nah itu akan terbawa sampai bulan-bulan yang akan datang dari Bulan Bahasa tersebut, jadi ya banyak manfaatnya.” Begitu kira-kira pendapat dari Jason, pemenang lomba membaca pidato bahasa Inggris.

Setiap acara pasti diawali dengan pembukaan dan diakhiri dengan penutupan. Setelah diadakannya lomba, maka pada tanggal 19 Oktober 2017 diadakan penutupan Bulan Bahasa. Ada banyak penampilan yang disajikan dalam penutupan ini, ada penampilan paduan suara, gitar, biola, angklung, tari, dan penampilan dari pemenang Bulan Bahasa itu sendiri. Dengan disajikannya banyak penampilan maka acara Bulan Bahasa ini resmi ditutup, “Bulan Bahasa ini sangat berkesan di hati saya. Saya dapat melihat, belajar, dan mengambil hikmah dari mereka yang sudah lebih profesional di bidang ini. Pesan saya untuk Bulan Bahasa selanjutnya, saya berharap Bulan Bahasa yang akan datang untuk lebih diramaikan, karena Bulan Bahasa ini penting.” Tutur Theresna Zahra Sembiring, siswi kelas X IPA 9 yang berhasil meraih juara di perlombaan duta bahasa. Ibu Lilis Yuliawati menyampaikan pula pesannya bagi acara ini “Pesan dan harapan saya semoga di tahun berikutnya, siswa lebih berperan aktif lagi dalam lomba Bulan Bahasa dan kegiatan literasi di sekolah.”. Jadi, begitulah kira-kira keseruan yang dilakukan di kegiatan Bulan Bahasa kemarin, sampai bertemu di Bulan Bahasa yang akan datang!

Artikel Lainnya . . .